Selamat Datang di Website Seksi Statistik Diskominfo Kabupaten Wonogiri


RAKOR PERSIAPAN INTEGRASI DATA DALAM PORTAL SATU DATA INDONESIA (SDI) KAB. WONOGIRI




Seiring dengan semakin banyak dan beragamnya data yang dihasilkan oleh organisasi perangkat daerah (OPD) di Kabupaten Wonogiri, sehingga tata kelola data harus segera dilakukan pengelolaan dengan tata kelola yang standar. Hal tersebut sesuai amanat dari Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia


Sebagai wujud dari upaya pengelolaan data tersebut, Kabupaten Wonogiri menindaklanjuti Perpres tersebut dengan menerbitkan Peraturan Bupati Wonogiri Nomor 39 Tahun 2021 tentang Satu Data Indonesia Kabupaten Wonogiri, selanjutnya ditindaklanjuti membentuk tim penyelenggara Satu Data Indonesia Kabupaten Wonogiri dengan terbitnya Surat Keputusan Bupati Wonogiri Nomor 048/193/HK/2021 tanggal 20 September 2021. Dengan SK Bupati tersebut menjadi dasar pelaksanaan kegiatan Forum Satu Data di Kabupaten Wonogiri.


Pembentukan Forum Satu Data di Kabupaten Wonogiri sebagai wadah komunikasi dan koordinasi dalam rangka menyelesaikan permasalahan terkait penyelenggaraan data lintas sektor agar terwujud data yang akurat, mutakhir, terintegrasi, lengkap, akuntabel, dinamis, handal, mudah diakses, dan berkelanjutan, agar analisis data yang dihasilkan mendalam dan konprehensif sehingga dapat mewujudkan keterpaduan perencanaan pembangunan antara pemerintah pusat dan daerah.


Selaku Wali data tingkat daerah Dinas Komunikasi dan Informatika telah menyiapkan portal satu data sektoral Kab. Wonogiri berbasis web site dengan nama Go Sambang (Go Statistik Mbagun Wonogiri) dengan alamat: www.datasektoral.wonogirikab.go.id. Portal data dimaksud untuk penyebarluasan data yang dihasilkan oleh masing – masing OPD selaku Produsen Data di daerah, agar memudahkan para stakeholder dan masyarakat umum untuk mencari data – data yang dibutuhkan.


Oleh sebab itu pada hari Selasa, 16 November 2021 Pemerintah Kabupaten Wonogiri melakukan Rapat koordinasi dalam rangka menyepakati dan melakukan persiapan integrasi data untuk penguatan kontern dalam portal Satu Data Indonesia (SDI) Kab. Wonogiri. Tahap awal penguatan konten data dalam portal data tersebut direncanakan diperoleh dari data BPS Kab. Wonogiri dan 4 (empat) OPD yaitu Bappeda & Litbang melalui SIPD, Bagian Tata Pemerintahan melalui LPPD dan ILPPD, Bagian Organisasi melalui LkjIP serta data dari Dinas Pekerjaan Umum selaku Pembina Data Spasial nantinya dapat mengintegrasikan aplikasi Sipolangiri.


Dengan data dari masing – masing OPD produsen data tersebut diintegrasikan di portal Satu Data Kab. Wonogiri, akan mewujudkan akuntabilitas dan transparansi penyelenggaraan pemerintah kab. Wonogiri dan memperbanyak produk publikasi analisis pembangunan atas data – data yang disajikan.