Selamat Datang di Website Statistik Sektoral Diskominfo Kabupaten Wonogiri


EMBRIO TERWUJUDNYA FORUM SATU DATA INDONESIA KAB. WONOGIRI




Dinas Komunikasi dan Informatika Kaupaten Wonogiri telah menyelenggarakan Sosialisasi Portal Data Sektoral Satu Data Indonesia Kabupaten Wonogiri Tahun 2021. Acara tersebut diselenggarakan Mulai hari senin 28 s/d 29 Juni 2021 melalui Virtual Zoom Meeting. Sosialisasi tersebut diharapkan menjadi embrio Forum Satu Data Indonesia Kabupaten Wonogiri kedepannya. Hal itu sesuai dengan amanat dalam Peraturan Bupati Wonogiri Nomor 39 Tahun 2021 pasal 17 yang mengatur masalah Forum Satu Data Indonesia tingkat Daerah.


- Dewan Pengarah tingkat Daerah terdiri atas Bupati Wonogiri, Wakil Bupati Wonogiri dan Sekretaris Daerah Kabupaten Wonogiri
- Pembina Data Statistik tingkat Daerah adalah Badan Pusat Statistik Kabupaten Wonogiri dam Pembina Data Geospasial tingkat Daerah adalah unit kerja yang membidangi Tata Ruang
- Walidata tingkat Daerah yang dilaksanakan oleh Dinas Kominfo Kabupaten Wonogiri.
- Walidata Pendukung tingkat Daerah yaitu Kepala Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Wonogiri.
- Produsen Data tingkat Daerah adalah Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal yang menghasilkan Data di wilayah Kab. Wonogiri.

Dalam mengikuti sosialisasi tersebut peserta sangat antusias menyimak materi dari masing – masing narasumber. Adapun materi yang disampaikan meliputi Pengantar Data Statistik Sektoral, Pengleolaan Data Statistik Sektoral dan Metadata Statistik Sektoral. Kurniawan Dwi Nugroho, S.ST salah satu narasumber menyatakan bahwa: “secara tidak sengaja kita setiap hari berhubungan dengan data dalam kehidupan kita”. Tidak dapat dimungkiri, hampir setiap aktivitas keseharian kita tidak lepas dari data lebih - lebih di era digital saat ini tidak akan bisa lepas dari data, termasuk data pribadi. Pasalnya, setiap akses ke akun atau platform digital akan membutuhkan data pribadi, minimal dalam bentuk nama pengguna berikut kata sandi.

Oleh karena itu kesadaran dalam mengelola data, khususnya data yang diproduksi oleh Organisasi Perangkat daerah (OPD) sangat diperlukan. Mengingat data – data tersebut akan menjadi dasar perencanaan pembangunan daerah. Membangun data memang sangat mahal, tapi membangun tanpa data dampaknya juga akan lebih mahal karena tidak efektif dan tidak tepat sasaran. (seksi Statistik)